Kamis, 20 Oktober 2011

Rony Bangsongan : Taman Wisata Goa Selomangleng

Goa ini terletak 7 Km arah Barat Kota Kediri. Pada dinding goa terdapat pahatan berupa relief, akan tetapi belum diungkap secara rinci maknanya. Dikisahkan, goa ini merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci, Ratu Kediri yang menjauhkan diri dari keramaian dan bertapa dalam goa ini.

Tempat ini bisa dijangkau dengan kendaraan darat/kendaraan bermotor kurang lebih 10 menit. Dengan angkutan kota (angkot) kita cukup membayar Rp.500.- untuk menuju kesana. Kawasan Wisata Goa Selomangleng Kediri yang meliputi Perbukitan Klothok dan Maskumambang, juga ada Goa Padedean, Goa Selobale dan Museum Airlangga yang meninggalkan cerita-cerita dan isteri kejayaan masa lalu.

Masih pada lokasi yg sama disediakan beberapa mainan anak-anak dan kereta wisata yang bisa dinaiki dengan biaya murah sambil menikmati keindahan alam kawasan wisat Selomangleng. Pada hari-hari tertentu terutama pada hari libur diadakan hiburan bagi semua pengunjung, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Petilasan Sri Aji Joyo

Petilasan ini merupakan peninggalan Raja Kadiri, Sri Aji Joyoboyo, yang terletak di Desa Pamenang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Setiap tanggal 1 Syura diadakan upacara selamatan untuk memperingati Tahun Baru Jawa, bersama keluarga Hondodento keturunan Sri Aji Joyoboyo.

Upacara ini diadakan di tempat muksanya Sri Aji Joyoboyo (Lokamuksa), serta diadakan kunjungan ke sendang Tirtokamandanu


Gereja Tua Bunda Maria Pohsarang

Kawasan wisata gereja Katolik Tua Puh Sarang, makin hari makin marak saja. Terbukti bila hari Minggu atau libur lainnya, ribuan pengunjung memadati areal wisata yang bernuansa keagamaan. Lebih-lebih bila malam Jumat Legi, pengunjung dari luar daerah berbondong-bondong untuk mengikuti doa bersama di gereja yang didirikan pada jaman Belanda itu.

Gereja Tua Puh Sarang yang terletak di desa Poh Sarang Kecematan Semen, 10 Km arah Barat Kota Kediri. Gereja Katolik tua ini dibangun tahun 1931 oleh Ir. Hendricus Maclaine Pont, atas prakarsa seorang Romo dari negeri Belanda bernama Yohanes Humbertus Wolters CM. Yang unit dari gereja ini adalah atap bangunan tidak menggunakan usuk dan reng tetapi menggunkan bentangan kawat baja untuk meletakkan genteng, sehingga bila tertiup angin akan bergoyang dan menimbulkan bunyi-bunyian yang menarik.

Goa Maria di kawasan gereja Areal wisata Gereja Puh Sarang semakin menarik dengan dibangunnya Goa Maria, yang merupakan Goa besar dengan Patung Bunda Maria tempat para pengunjung Kaum Nasrani memanjatkan doa. Didepan goa dibangun pelataran luas bernuansa Nasrani dengan patung -patung yang menggambarkan kisah Yesus Kristus.

Tidak ada komentar: